Pengalaman Seleksi MT (Management Trainee) di Nutrifood 2019 - Job Journey


Hallo teman – teman semua!!!

Semoga selalu dalam keadaan sehat yaaa, untuk yang sakit semoga disegerakan sembuh
Hari ini saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya saat ikut seleksi kerja di PT. Nutrifood Indonesia. Nutrifood merupakan salah satu perusahaan yang besar yang namanya saat ini tidak asing lagi. Nutrifood adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industi makanan dan minuman (berbasis kesehatan). Perusahaan ini didirikan pada tahun 1979 (sudah 40 tahun). Kantor Pusat Nutrifood terletak di Jakarta, tepatnya di Jalan Rawa Bali II No. 3 (Kawasan Industri, Pulogadung Jakarta Timur). Produk – produk Nutrifood antara lain Hilo, Nutrisari, L-Men, WRP, W’dank, Tropicana Slim, dan yang terbaru ada produk kopi gula aren yang diberi nama Lokalate.

Nah begitu profil singkat dari perusahaan yang akan kita bahas ya teman – teman
Untuk Seleksi MT Nutrifood tahun 2019 diadakan pada awal Oktober dan ditutup Pada tanggal 25 Oktober. Proses seleksi diawali dengan seleksi administrasi, seleksi tersebut dilakukan secara online (nutrifood.co.id/MT) dengan mengisi sejumlah data diri dan kita juga diminta untuk melampirkan CV terbaik kita. Setelah mengisi keseluruhan data yang diperlukan kita akan mendapatkan e-mail pemberitahuan bahwa CV kita telah tersimpan ke dalam database perusahaan. Setelah itu kita diminta untuk menunggu kabar lebh lanjut via email (paling lama akan diberi kabar 1 bulan) namun pemberitahuan kepada saya tidak lebih dari satu pekan (hanya 2 hari setelah email pertama). FYI, jadi setelah mengisi kelengkapan administrasi tidak akan semua peserta diminta untuk tes selanjutnya ya teman – teman. Setelah lolos tahap administrasi saya diminta untuk mengisi kesediaan untuk hadir di kantor pusat untuk melakukan tahapan seleksi selanjutnya. Selain itu, saya juga diminta untuk mengisi 2 bagian soal mengenai kepribadaian kita. Soal tersebut diharuskan diisi via email sebelum kita melakukan tahapan seleksi selanjutnya.

Jadwal Saya untuk seleksi yaitu Kamis, 10 Oktober 2019 pukul 07.30 – selesai. Namun demikian, tes dimulai pada pukul 08.30 dan selesai pada 12.00. Pada waktu tersebut saya termasuk ke gelombang 4. Jadi telah ada 3 rangkaian seleksi yang telah dilakukan di hari – hari sebelumnya sebelumnya. Menurut pihak perusahaan, pada tahun 2019 ini akan dilakukan rangkaian seleksi penerimaan kerja sebagai MT sebanyak 12 gelombang. Mengingat antusiasme yang sangat banyak sedari pembukaan seleksi dilakukan.
Pada saat tes dilakukan, saya diminta untuk mengisi pertanyaan mengenai pribadi kita selama 4 menit. Pertanyaan tersebut seperti Saya suka...
Saya ingin...
Saya tidak suka apabila...
Dan pertanyaan – pertanyaan lainnya

Setelah itu, rangkaian tes selanjutnya yaitu dengan mengisi soal TPA (Tes Potensi Akademik) dan TKD  (Tes Kompetensi Dasar). Soal yang diberikan pada tahapan ini cukup banyak, untuk jumlahnya saya tidak ingat secara pasti (saking banyaknya).

Setelah selesai TPA dan TKD, kita diminta untuk menggambar apapun yang berdasar lingkaran. Pada kertas yang diberikan terdapat sejumlah lingkaran, dan kita diminta untuk menggambar apapun secara bebas. Setelah itu, kita juga diminta untuk menggambar manusia dan menjelaskan siapa yang kita gambar tersebut, dan yang terahir kita diminta untuk menggambar pohon.

Akhir dari keseluruhan rangkaian tes kita diminta untuk menunggu kurang lebih selama 30 menit untuk mengetahui hasilnya (apakah kita lolos ke tahapan selanjutnya atau tidak). Peserta yang mengikuti tes pada tanggal 10 Oktober 2019 yaitu sebanyak 130 orang, dan yang lolos ke tahapan selanjutnya yaitu 51 orang. Bagi teman – teman yang lolos dapat menunggu dan melakukan rangkaian tes selanjutnya. Berdasarkan tahun sebelumnya. Peserta yang lolos hingga akhir dan diterima untuk bekerja di Nutrifood Program MT kurang lebih ada 20 orang dan tidak semuanya menjadi MT, beberapa diantaranya diarahkan sesuai dengan bakat yang dimilikinya.

Teruntuk teman teman yang masih belum berjodoh dengan perusahaan ini tetap semangatJJJ
Sesungguhnya Tuhan kita Allah SWT mengetahui segala yang baik bagi kita, Allah sedang merencanakan cerita yang indah untuk masa depan kita teman – teman. Yups tetap semangat dan jangan pantang menyerah.



Salam Hangat,
Yatdam

Komentar

Postingan Populer